5 Rahasia Sukses Mengelola Keuangan pada Bisnis Anda

5 Rahasia Sukses Mengelola Keuangan pada Bisnis Anda

? Memisahkan uang pribadi dan usaha
Seringkali para pembisnis pemula melakukan kesalahan yang membuat dirinya berkutat dalam perputaran berpola dalam bisnis. Hal ini akan membuat bisnis anda tidak berkembang dan cenderung akan stagnan. Kesalahan itu adalah mencampurkan uang pribadi dan uang usaha.

Keuangan pribadi seringkali anda gunakan untuk konsumtif pribadi saja, sedangkan uang usaha digunakan untuk memenuhi kebutuhan usaha dan pengembangannya. Apabila ini dicampurkan maka anda akan kesulitan mengembangkan usaha. Sifat dasar manusia akan muncul dan penggunakan uang pribadi untuk hal-hal yang tidak membangun usaha anda.

? Lakukan perencanaan belanja kebutuhan usaha
Perencanaan belanja usaha sangat penting terutama bagi anda yang menjalankan bisnis tertentu. Bisnis yang dimaksud adalah semacam bisnis kuliner, bisnis jual beli dan sebagainya yang membutuhkan perputaran uang dan membeli berbagai kebutuhan usaha.

Perencanaan bisa dihitung dari berapa banyaknya uang yang akan anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Jika keuntungan anda tidak bisa melampaui target, maka berlaku bijaklah pada pengeluaran untuk kebutuhanusaha anda.

? Buatlah catatan kecil atau pembukuan keuangan
Otak manusia tidak mampu mengingat secara detail semua hal. Untuk itu buatlah catatan kecil pada pengelolaan keuangan usaha anda. Pembuatan catatan atau pembukuan keuangan sangat penting agar anda bisa membelanjakan keuntungan dari usaha and secara bijak.

? Hitunglah keuntungan dengan detail dan teliti
Keuntungan adalah hal yang sangat anda inginkan saat menjalankan usaha, namun jika tidak anda hitung dengan baik bisa membuat keuntungan anda tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Keuntungan yang dihitung dan dicatat dengan detail membantu anda untuk menentukan berapa banyak uang yang akan anda belanjakan kembali.

? Siapkan dana pengembangan usaha
Seringkali para pelaku UMKM belum menyadari tentang pentingnya menyiapkan dana pengembangan usaha. Perencanaan pengembangan usaha pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit,  misalkan untuk membangun cabang atau berinvestasi dengan menggunakan perlengkapan yang lebih modern. Perencanaan dana pengembangan dilakukan dengan menyisihkan sebagian keuntungan yang anda dapatkan setiap hari.

Tambahkan komentar Anda